Kamis, 20 Desember 2012

Piranti Masukan

Piranti Masukan
Piranti masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti
pemroses. Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus
(mouse), pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice recognition
device, layar sentuh (touch screen).

1. Jenis Piranti Masukan (input device)

1.1 Piranti Pengetikan

Piranti pengetikan dapat digunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Piranti yag paling umum digunakan dalam komputer adalah Keyboard, Piranti pengetikan yang lain yaitu ATM  (Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang  dan POS (Point of Sale) yang digunakn pada toko-toko swalayan.

Keyboard
Merupakan piranti masukan yang dapat mengubah huruf, angka maupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer.
Jenis-jenis Keyboard :
  •  Keyboard Keyboard QWERTY, didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik. Kelemahan : 48% gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan, misal: kata ‘sadar’ & ‘teras’ Ketidakefisienan : penggunaan jari kelingking yg lemah utk huruf ‘a’ yg sering cukup dipakai. Keyboard Alphabetic, digunakan utk negara-negara yg menggunakan alphabetic berbeda dgn alphabetic yg ada. Misal : Arab, Cina, Rusia
  • Keyboard Keyboard DVORAK, dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi pergerakan jari. Susunan keyboard akan menyebabkan tangan kanan memiliki beban yang lebih banyak dari tangan kiri. Keunggulan : - meningkatkan kecepatan 10-15% - mengurangi kelelahan kelemahan : - kurang tersedia di pasaran 
  • Keyboard Chord, digunakan utk mencatat ucapan. Utk menghasilkan suatu kata dgn menekan tombol atau kombinasi tombol. Misal; tombol ‘D’ kombinasi dari ‘T’ & ‘+’. Biasanya digunakan oleh wartawan atau pada proses peradilan. Kelemahan : - butuh pelatihan khusus. Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·         Tombol Pengetikan
·         Tombol Angka
·         Tombol Fungsi
·         Tombol Kontrol
Cara kerja Keyboard sangatlah mudah yaitu dengan menekan sebuah key(tombol),controllerpada keyboard mendeteksi,mengirim permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima input dari keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat hasil tombol yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup yang kita tekan akan muncul di layar komputer.
Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
·         Keyboard 101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM PC / AT Model 339 termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah Ditingkatkan baru 101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu itu keyboard 101-key akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade berikutnya dan seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah dengan tombol tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.


                                 Gambar Keyboard 101-key Enhanced

·         Keyboard Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol control tambahan berupa tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard apple memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain itu masih ada lagi keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra.
·         Keyboard Standard Apple 82- key
·         Keyboard Extended Apple 108- key

Secara fisik Keyboard terbagi menjadi 4, yaitu :
1.      Keyboard Serial
2.      Keyboard PS/2
3.      Keyboard Wireless
4.      Keyboard USB
Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch rangkaian listrik ada berbagai macam teknologi keyboard antara lain adalah :
·         Rubber dome mechanical
·         Capacitive non-mechanical
·         Metal contact mechanical
·         Membrane mechanical
·         Foam element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik . Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta karakter di ROM.
1.2 ATM  (Automated Teller Machine)

Atau yang biasa disebut anjungan tunai mandiri biasa digunakan dalam perbankan, piranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi penarikan uang tunai,  pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan beberapa lokasi dikota besar sudah memungkinkan untuk memesan tiket kereta api. ATM bekerja sebagai piranti input - output sekaligus

    1.3 POS (point of Sale)
            Merupakan piranti yang dipergunakan pada took-toko  untuk memasukan data pembelian. Biasanya piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap degnan angka-angka , juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit.

                                                               
     1.4  Peranti penunjuk
Digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor. Yang paling umum adalah mouse, keyboard dan sejenisnya. Adapun yang lain membentuk pena elektronis diantaranya adalah penbased computer system, light pen, dan digitizer.
    a.    Mouse
Adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum dan digunakan sebagai penunjuk juga yang ditampilkan layar monitor.Peranti ini pertama kali dikenal kan oleh Macintosh dan disenangi oleh pemakai  penggunaan mouse baru marak setelah windows muncul dengan tampilan graphical user interface (GUI)-nya.
Mouse tanpa kabel


    b.   Track ball
            Memiliki fungsi yang sama dengan mouse yaitu untuk memilih perintah-perintah dari    menu tampilan grafis bedanya jika untuk menggerakan petunjuk mouse di layar diperlaukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk track ball dilayar digunakan untuk memutar bola track ball dengan tangan pemakai yang dihendaki. Peranti penunjuk jenis Ini perlu dibersihkan lebih sering karena lebih cepat kotor oleh minyak tangan pada pengguna.

    c.    Touch screen
            Touch screen atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Contoh penerapan touch screen yang banyak ditemui adalah pada penunjuk peta di bandara-bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar. Penerapan touch screen ditempat umum banyak dijumpai seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi dikampus, toko dan sebagainya.
    Touchpad
            Piranti penunjuk yang berupa tempat daftar guna menggeser tangan di atasnya. Seperti contohnya pada laptop. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.

e.       joystick
            joystick biasanya  digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan atau game. Prinsipnya sama seperti cara kerja mouse hanya saja, penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. Seperti contohnya pada Joystick untuk playstation


Contoh Gambar joystick

f.    Peranti Penunjuk Berbentuk Pena
Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan  seseorang memilih,memasukan permintnan,dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan,jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan .Contoh pemanfaatan system computer berbasis pena  adalah pena untuk masukan pada PDA dan  berbagai computer yang dapat dipegang tangan.
g.      Light Pen
Adalah peranti penunujuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layer yang peka cahaya (fotoelektrik). Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut. Dengan lightpen memungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer, seperti rancang bangunan atau desain grafis
.                      
  

           Gambar Lightpen
h.      Digitizing tablet
Digitizing tablet merupakan salah satu piranti digitizer, yaitu piranti yang dapat mengonversi gambar atau foto menjadi data digital. Piranti ini berbentuk seperti papan plastic elektronik yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan bagi computer.

1.3      Pengambil Gambar Terformat
            Beberapa jenis piranti masukan yang dapat dipergunakan untuk mengambil citra terformat, dalam arti bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Hal ini membantu piranti tersebut dalam menerima masukan, yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Termasuk dalam kategori piranti ini adalah bar code reader, MICR, OMR, dan OCR.

a.        Bar code reader
Bar code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang yang dijual ditoko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data transaksi penjualan. Bar code ini dibaca dengan alat yang disebut Bar code reader  yang berupa semacam scanner fotoelektris yang dapat mengkonversi data bar code menjadi sinyal digital.
       gambar barcode


b.       Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
MICR dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta khusus pula. Tinta ini nantinya akan dimagnetasi oleh piranti MICR, sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital. Tinta magnetis ini merupakan metode yang dapat menyediakan pemrosesan informasi secara aman dan berkecepatan tinggi. Penggunaannya biasanya pada cek bank, dengan bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus yang berupa nomor cek.

c.       Optical Mark Recognition (OMR).
OMR adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh computer. Piranti ini membaca masukan dengan bantuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh pemanfaatan OMR ini adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru. Peserta tes diminta untuk mengisi bulatan-bulatan jawaban dengan pensil 2B. Keuntungan memanfaatkan OMR selain dalam hal kecepatan memproses, juga dalam hal ketelitian karena terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.

d.      Optical character Recognition (OCR)
OCR adalah piranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya kedalam kode digital yang nantinya diproses oleh computer. Sistem OCR terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut dari OCR ini memungkinkan adanya piranti yang dapat membantu menerjemahkan teks, membantu orang yang tidak dapat membaca dengan mengubah teks menjadi suara, membaca cerita untuk kanak-kanak, memasukan data dari teks dimajalah ke memori atau ke tempat kursor di pengolahan data, merekam alamat, mencatat secara langsung hal-hal penting, dan merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.

1.4      Pengambilan Gambar Tak Terformat

A. Image Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Di antaranya Proses berikutnya adalah mengedit kemudian mencetak. Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard, EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.





B. Kamera Digital
Sebuah kamera dapat dianggap sebagai sebuah peranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke sebuah replika film atau elektronis. Sebuah kamera biasanya menggunakan sebuah lensa untuk membuat citra dari sebuah obyek. Jika kita meletakkan sensor citra di tempat citra optis terbentuk, maka akan dapat menangkap citra yang mirip dengan obyek bersangkutan.



C. Pembaca Retina Mata
Berfungsi untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina mata. Identitas inilah yang kemudian diproses oleh Komputer untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu.Misalnya memperkenankan pemakai untuk memasuki ruang rahasia.

D. Pembaca Sidik Jari
Adalah peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.Perangkat ini dapat dijadikan sebagai alat untuk menangani kehadiran pegawai atau untuk memasuki tempat-tempat yang bersifat rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam hal ini, sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.
5. Piranti Suara
Beberapa Jenis peranti yang digunakan untuk menangkap masukan berupa suara agar dapat dibuah menjadi isyarat telah tersedai di pasaran. Penangkapan masukan suara biasanya dilakukan melalui mikropon (microphone) atau pesawat telpon, namun dalam perkembangannya muncul alat yang disebut Automatic Speech Recognition (ASR) yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mengenali kata-kata manusia.
                                                                                                                        
A. Mikropon
Prinsip kerja mikropon sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena adanya  suara, menjadi variasi isyarat listrik. Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh hardware lain seperti soundcard dan speaker.

 Gambar microphone


B. Automatic Speech Recognition (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.sistem ini memiliki :
1.      Fitur penganalisis yang dapat memisahkan suara orang dengan suara-suara pengganggu pada latar belakang dan mengubah sinyal digital suara menjadi fonem
2.      Pengklasifikasi pola
3.      Pemrosesan bahasa.

C. Touchtone
 Adalah peranti yang dapat menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau perintah. Contoh pemanfaatan touchtone yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo rekening pada bank, pada registrasi mahasiswa, pada activehome yang menggunakan media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah.

1.5 Piranti Video
1. Camcoder
Kamera video atau sering disebut dengan video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete Recorder (VCR), TV, dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat input.

2. Webcam
Perkembangan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.Webcam adalah kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.
           


7. Piranti Gerakan

Untuk memantau gerakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality, diperguanakn peranti-peranti yang bernama glove, headset dan walker

            1. Headset
            Headset adalah peranti yang dipasang pada kepala, menutp mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gamar ke mata pemakai.

            2. Glove
            Glove berbentuk seperti sarung tangan, yang terapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk merekam jenis data kinetis tangan user dan dirubah menjadi digital.
            3. Walker
Walker berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi digital.

8. Graphic Pads
Karena menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

9. Sensor
            Sensor merupakan piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus, yang langsung dimasukkan ke dalam komputer. Contoh pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga. Contoh penggunaan sensor pada rumah tangga adalah hawkeye, yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui panas badan dan gerakan. Selannjutnya masukan ini dapat digunakan untuk menjalankan suatu makro yang telah disiapkan, misalnya untuk mematikan atau menyalakan lampu secara otomatis pada saat ada orang masuk atau keluar ruangan, bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain sebagainya secara otomatis


10. Radio Frequency Identification Device ( RFID)
            RFID adalah piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti pelacak RFID. RFID memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan. Selain itu, piranti RFID tak memerlukan media kabel penghubung dan tak memerlukan arena lurus bebas pandang, sehingga sangat sesuai untuk memonitor sesuatu yang bergerak. RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang bervariasi tergantung kepada kekuatan pemancarannya. Beberapa contoh pemanfaatan RFID:
11. Pembaca Kartu Magnetik
            Kartu magnetic berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetic. Pada pita magnetic inilah data tertentu dapat diletakan. Data yang ditempatkan pada pita ini dapat berupa nomor induk pegawai, identitas bank atau nomor rekening nasabah. Dengan menggunakan pembaca kartu magnetic, data pada pita tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh computer. Contoh penguunaan nya pada ATM. Pada mesin ATM inilah terdapat pembaca kartu magnetic.

12. Pembaca Kartu Cerdas
            Smart card alias kartu cerdas sebenarnya adalah sebuah computer berukuran kecil karena dilengkapi dengan chip yang mengandung prosesor, RAM, dan ROM, dan bahkan sistem operasi dengan tingkat keamanan tinggi. Kartu ini biasa dipakai untuk menyimpan data pasien dan riwayat kesehatannya, data nasabah dan transaksi yang pernah dilakukannya. Di Indonesia biasa dipakai untuk kartu tabungan dan telpon prabayar. Untuk membaca data yang ada dikartu tersebut perlu alat yang disebut pembaca kartu cerdas (smart card reader).

13. CD-ROM Drive dan DVD-ROM Drive
            CD-ROM Drive adalah alat yang menggunakan optic untuk membaca CD, VCD pada komputer. Sedangkan DVD-ROM Drive adalah alat optic untuk membaca media DVD dan juga dapat membaca media CD, VCD pada komputer.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar