Piranti
Masukan
Piranti
masukan berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diolah oleh piranti
pemroses.
Adapun jenis-jenis piranti masukan antara lain: papan kunci (keyboard), tetikus
(mouse),
pemindai (scanner), track ball, joystick, kamera digital, webcam, voice
recognition
device,
layar sentuh (touch screen).
1.
Jenis Piranti Masukan (input device)
1.1
Piranti Pengetikan
Piranti
pengetikan dapat digunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Piranti yag
paling umum digunakan dalam komputer adalah Keyboard, Piranti pengetikan yang
lain yaitu ATM (Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin
pengambil uang dan POS (Point of Sale) yang digunakn pada toko-toko
swalayan.
Keyboard
Merupakan
piranti masukan yang dapat mengubah huruf, angka maupun kode lain menjadi
isyarat listrik yang dapat diproses komputer.
Jenis-jenis
Keyboard :
- Keyboard Keyboard QWERTY, didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik. Kelemahan : 48% gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan, misal: kata ‘sadar’ & ‘teras’ Ketidakefisienan : penggunaan jari kelingking yg lemah utk huruf ‘a’ yg sering cukup dipakai. Keyboard Alphabetic, digunakan utk negara-negara yg menggunakan alphabetic berbeda dgn alphabetic yg ada. Misal : Arab, Cina, Rusia
- Keyboard Keyboard DVORAK, dirancang sedemikian rupa untuk mengurangi pergerakan jari. Susunan keyboard akan menyebabkan tangan kanan memiliki beban yang lebih banyak dari tangan kiri. Keunggulan : - meningkatkan kecepatan 10-15% - mengurangi kelelahan kelemahan : - kurang tersedia di pasaran
- Keyboard Chord, digunakan utk mencatat ucapan. Utk menghasilkan suatu kata dgn menekan tombol atau kombinasi tombol. Misal; tombol ‘D’ kombinasi dari ‘T’ & ‘+’. Biasanya digunakan oleh wartawan atau pada proses peradilan. Kelemahan : - butuh pelatihan khusus. Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas
tombol-tombol yaitu :
· Tombol Pengetikan
· Tombol Angka
· Tombol Fungsi
· Tombol Kontrol
Cara kerja Keyboard sangatlah mudah yaitu dengan menekan
sebuah key(tombol),controllerpada keyboard mendeteksi,mengirim
permintaaninterupsi pada CPU,dan memintanya untuk menerima input dari
keyboard.jika CPU telah menerima input dari keyboard,akan terlihat hasil tombol
yang kita tekan dilayar.contohnya,saat kita mengetik,setiap hurup yang kita
tekan akan muncul di layar komputer.
Jenis-Jenis Keyboard
Umumnya jenis keyboard saat ini yaitu :
· Keyboard 101-key Enhanced
Pada tahun 1986, IBM memperkenalkan IBM PC / AT Model 339
termasuk yang terakhir ini AT-sistem keluarga adalah Ditingkatkan baru
101-tombol keyboard, Sedikit yang menyadari IBM pada waktu itu keyboard 101-key
akan menjadi standar de-facto untuk keyboard untuk dekade berikutnya dan
seterusnya.Bahkan Windows saat ini keyboard dan varian mewah dengan tombol
tambahan dan tombol didasarkan pada tata letak.
Gambar Keyboard 101-key Enhanced
· Keyboard Windows 104-key
Keyboard Windows memiliki tombol control tambahan berupa
tombol Windows atau Stars dan tombol Aplikasi, sedangkan keyboard apple
memiliki susunan yang khusus untuk system Mac. Selain itu masih ada lagi
keyboard Braille yang memungkinkan pemasukan data oleh penyandang tunanetra.
· Keyboard Standard Apple 82- key
· Keyboard Extended Apple 108- key
Secara fisik Keyboard terbagi
menjadi 4, yaitu :
1.
Keyboard Serial
2.
Keyboard PS/2
3.
Keyboard Wireless
4.
Keyboard USB
Teknologi Keyboard
Berdasarkan teknologi switch
rangkaian listrik ada berbagai macam teknologi keyboard antara lain adalah :
· Rubber dome mechanical
· Capacitive non-mechanical
· Metal contact mechanical
· Membrane mechanical
· Foam element mechanical
Pada Jenis mekanis , saklar
menghubungkan rangkaian yang terputus pada Jenis capacitive non-mechanical
dalam rangkaian selain ada aliran listrik. Penekanan tombol akan membuat
piringan di bawah tombol mendekati rangkain dan mempengaruhi aliran listrik .
Aliran listrik inilah yang dipantau oleh prosesor dan dicocokan dengan peta
karakter di ROM.
1.2
ATM (Automated Teller Machine)
Atau
yang biasa disebut anjungan tunai mandiri biasa digunakan dalam perbankan,
piranti ini memungkinkan kita melakukan transaksi penarikan uang tunai,
pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang bahkan beberapa lokasi dikota
besar sudah memungkinkan untuk memesan tiket kereta api. ATM bekerja sebagai
piranti input - output sekaligus
1.3 POS (point of Sale)
Merupakan piranti yang dipergunakan
pada took-toko untuk memasukan data
pembelian. Biasanya piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap
degnan angka-angka , juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk
memproses kartu kredit.
1.4 Peranti
penunjuk
Digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di
layar monitor. Yang paling umum adalah mouse, keyboard dan sejenisnya. Adapun
yang lain membentuk pena elektronis diantaranya adalah penbased computer
system, light pen, dan digitizer.
a.
Mouse
Adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak
dipergunakan secara umum dan digunakan sebagai penunjuk juga yang ditampilkan
layar monitor.Peranti ini pertama kali dikenal kan oleh Macintosh dan disenangi
oleh pemakai penggunaan mouse baru marak
setelah windows muncul dengan tampilan graphical user interface (GUI)-nya.
Mouse tanpa kabel
b.
Track ball
Memiliki fungsi yang sama dengan
mouse yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis bedanya jika untuk
menggerakan petunjuk mouse di layar diperlaukan penggeseran mouse, penggeseran
penunjuk track ball dilayar digunakan untuk memutar bola track ball dengan
tangan pemakai yang dihendaki. Peranti penunjuk jenis Ini perlu dibersihkan
lebih sering karena lebih cepat kotor oleh minyak tangan pada pengguna.
c.
Touch screen
Touch screen atau layar sentuh
adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga
memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara
langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Contoh penerapan touch screen yang
banyak ditemui adalah pada penunjuk peta di bandara-bandara atau layanan
informasi di beberapa kota besar. Penerapan touch screen ditempat umum banyak
dijumpai seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi
dikampus, toko dan sebagainya.
Touchpad
Piranti
penunjuk yang berupa tempat daftar guna menggeser tangan di atasnya. Seperti
contohnya pada laptop. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi
fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat.
e.
joystick
joystick
biasanya digunakan untuk mengendalikan
aplikasi permainan atau game. Prinsipnya sama seperti cara kerja mouse hanya
saja, penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. Seperti contohnya pada
Joystick untuk playstation
Contoh Gambar joystick
f. Peranti Penunjuk Berbentuk Pena
Sistem
berbasis pena elektronis memungkinkan
seseorang memilih,memasukan permintnan,dan bahkan menerima masukan
berupa tulisan tangan,jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan
menterjemahkan tulisan tangan .Contoh pemanfaatan system computer berbasis
pena adalah pena untuk masukan pada PDA
dan berbagai computer yang dapat
dipegang tangan.
g. Light Pen
Adalah
peranti penunujuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang
digunakan bersamaan dengan sebuah layer yang peka cahaya (fotoelektrik). Alat
ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka
kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka
satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program
tersebut. Dengan lightpen memungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di
layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan
untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer,
seperti rancang bangunan atau
desain grafis
.
Gambar Lightpen
h. Digitizing tablet
Digitizing
tablet merupakan salah satu piranti digitizer, yaitu piranti yang dapat mengonversi
gambar atau foto menjadi data digital. Piranti ini berbentuk seperti papan
plastic elektronik yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet
akan dapat mengonversikan gerakan tangan pemakai menjadi sinyal digital masukan
bagi computer.
1.3 Pengambil Gambar Terformat
Beberapa
jenis piranti masukan yang dapat dipergunakan untuk mengambil citra terformat,
dalam arti bentuk atau format hurufnya sudah ditentukan. Hal ini membantu
piranti tersebut dalam menerima masukan, yang kemudian diubah menjadi sinyal
digital. Termasuk dalam kategori piranti ini adalah bar code reader, MICR, OMR,
dan OCR.
a.
Bar code reader
Bar
code adalah pola garis-garis hitam putih yang umum dijumpai pada barang-barang
yang dijual ditoko-toko swalayan untuk mempercepat proses pemasukan data
transaksi penjualan. Bar code ini dibaca dengan alat yang disebut Bar code
reader yang berupa semacam scanner
fotoelektris yang dapat mengkonversi data bar code menjadi sinyal digital.
gambar barcode
b. Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
MICR
dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan
tinta khusus pula. Tinta ini nantinya akan dimagnetasi oleh piranti MICR,
sehingga informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal
digital. Tinta magnetis ini merupakan metode yang dapat menyediakan pemrosesan
informasi secara aman dan berkecepatan tinggi. Penggunaannya biasanya pada cek
bank, dengan bagian bawah seringkali terdiri atas karakter dengan bentuk khusus
yang berupa nomor cek.
c.
Optical Mark Recognition (OMR).
OMR
adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat digunakan oleh computer. Piranti ini membaca masukan dengan
bantuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan. Contoh pemanfaatan
OMR ini adalah pada tes-tes penerimaan mahasiswa baru. Peserta tes diminta
untuk mengisi bulatan-bulatan jawaban dengan pensil 2B. Keuntungan memanfaatkan
OMR selain dalam hal kecepatan memproses, juga dalam hal ketelitian karena
terhindar dari kesalahan manusia dalam mengoreksi.
d. Optical character Recognition (OCR)
OCR
adalah piranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya kedalam kode
digital yang nantinya diproses oleh computer. Sistem OCR terdiri atas perangkat
keras dan perangkat lunak pemanipulasi data. Pengembangan lebih lanjut dari OCR
ini memungkinkan adanya piranti yang dapat membantu menerjemahkan teks,
membantu orang yang tidak dapat membaca dengan mengubah teks menjadi suara,
membaca cerita untuk kanak-kanak, memasukan data dari teks dimajalah ke memori
atau ke tempat kursor di pengolahan data, merekam alamat, mencatat secara
langsung hal-hal penting, dan merekam naskah untuk keperluan perpustakaan.
1.4 Pengambilan Gambar Tak Terformat
A. Image Scanner
Scanner
adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotokopi hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer, kemudian dapat dimodifikasi sehingga
tampilan dan hasilnya menjadi bagus. Di antaranya Proses berikutnya adalah
mengedit kemudian mencetak. Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di
dunia dengan berbagai merk pula, scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard,
EPSON, UMAX dan masih banyak lagi. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk
terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya
penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.
B. Kamera Digital
Sebuah
kamera dapat dianggap sebagai sebuah peranti yang dapat mengubah sebuah citra
optis ke sebuah replika film atau elektronis. Sebuah kamera biasanya
menggunakan sebuah lensa untuk membuat citra dari sebuah obyek. Jika kita
meletakkan sensor citra di tempat citra optis terbentuk, maka akan dapat
menangkap citra yang mirip dengan obyek bersangkutan.
C. Pembaca Retina Mata
Berfungsi
untuk membaca retina mata seseorang dan menghasilkan suatu identitas retina
mata. Identitas inilah yang kemudian diproses oleh Komputer untuk melakukan
tindakan-tindakan tertentu.Misalnya memperkenankan pemakai untuk memasuki ruang
rahasia.
D. Pembaca Sidik Jari
Adalah
peranti yang digunakan untuk membaca sidik jari seseorang.hasil pembacaan
berupa data gambar yang menyatakan bentuk sidik jari seseorang.Perangkat ini
dapat dijadikan sebagai alat untuk menangani kehadiran pegawai atau untuk
memasuki tempat-tempat yang bersifat rahasia dan diakses secara otomatis.Dalam
hal ini, sidik jari berlaku sebagai identitas seseorang.
5. Piranti Suara
Beberapa
Jenis peranti yang digunakan untuk menangkap masukan berupa suara agar dapat
dibuah menjadi isyarat telah tersedai di pasaran. Penangkapan masukan suara
biasanya dilakukan melalui mikropon (microphone) atau pesawat telpon, namun
dalam perkembangannya muncul alat yang disebut Automatic Speech Recognition
(ASR) yang terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat
mengenali kata-kata manusia.
A. Mikropon
Prinsip
kerja mikropon sebenarnya adalah pengubahan variasi tekanan udara karena
adanya suara, menjadi variasi isyarat
listrik. Input device ini berfungsi untuk memasukkan data berupa suara yang
akan disimpan di dalam memori komputer. Penggunaan mikrofon harus didukung oleh
hardware lain seperti soundcard dan speaker.
Gambar
microphone
B. Automatic Speech Recognition
(ASR)
Sistem
ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.sistem ini memiliki
:
1. Fitur penganalisis yang dapat
memisahkan suara orang dengan suara-suara pengganggu pada latar belakang dan
mengubah sinyal digital suara menjadi fonem
2. Pengklasifikasi pola
3. Pemrosesan bahasa.
C. Touchtone
Adalah peranti yang dapat menerima masukan
yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau perintah. Contoh
pemanfaatan touchtone yaitu untuk membentuk fasilitas layanan informasi saldo
rekening pada bank, pada registrasi mahasiswa, pada activehome yang menggunakan
media telepon untuk mengendalikan berbagai fasilitas dalam rumah.
1.5 Piranti Video
1. Camcoder
Kamera video atau sering disebut
dengan video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang
bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai
kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete
Recorder (VCR), TV, dan Komputer.Camcorder dapat dikategorikan sebagai alat
input.
2. Webcam
Perkembangan teknologi memungkinkan
orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat
yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan web camera (webcam), seseorang
bisa berkomunikasi atau chatting sambil melihat lawan bicaranya.Webcam adalah
kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat
menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive
komputer kita.
7. Piranti Gerakan
Untuk
memantau gerakan manusia yang banyak dimanfaatkan pada virtual reality,
diperguanakn peranti-peranti yang bernama glove, headset dan walker
1.
Headset
Headset
adalah peranti yang dipasang pada kepala, menutp mata, yang digunakan untuk
menangkap dan merekam gerakan kepala serta menayangkan berbagai macam gamar ke
mata pemakai.
2.
Glove
Glove
berbentuk seperti sarung tangan, yang terapat sensor-sensor gerak yang
digunakan untuk merekam jenis data kinetis tangan user dan dirubah menjadi
digital.
3.
Walker
Walker
berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk
menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan diubah menjadi digital.
8. Graphic Pads
Karena
menggunakan teknologi Computer Aided Design (CAD), maka kita dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, dll dengan menggunakan grapich pads. Graphic pads
memiliki dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad
atau dengan memakai bantalan tegangan rendah. Pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane yang sensitif terhadap sentuhan. Kedua, menggunakan bantalan
yang sensitif dengan sentuhan tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
9. Sensor
Sensor
merupakan piranti yang dapat mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini
berupa data khusus, yang langsung dimasukkan ke dalam komputer. Contoh
pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi gunung berapi, detektor kecepatan laju
kendaraan di jalan raya, pada pesawat untuk mendeteksi perubahan arah mata
angin yang mendadak, pada kedokteran untuk mengukur suhu badan, dan juga untuk
pengontrolan pada rumah tangga. Contoh penggunaan sensor pada rumah tangga
adalah hawkeye, yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran orang melalui
panas badan dan gerakan. Selannjutnya masukan ini dapat digunakan untuk
menjalankan suatu makro yang telah disiapkan, misalnya untuk mematikan atau
menyalakan lampu secara otomatis pada saat ada orang masuk atau keluar ruangan,
bahkan mengatur AC, memutar lagu, dan lain sebagainya secara otomatis
10. Radio Frequency Identification
Device ( RFID)
RFID
adalah piranti yang memanfaatkan gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan
data dari sesuatu yang ditempeli RFID tersebut ke piranti pelacak RFID. RFID
memiliki kelebihan dalam hal keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan.
Selain itu, piranti RFID tak memerlukan media kabel penghubung dan tak
memerlukan arena lurus bebas pandang, sehingga sangat sesuai untuk memonitor
sesuatu yang bergerak. RFID dapat memantau sesuatu dengan radius yang
bervariasi tergantung kepada kekuatan pemancarannya. Beberapa contoh
pemanfaatan RFID:
11. Pembaca Kartu Magnetik
Kartu
magnetic berbentuk seperti kartu kredit yang dilengkapi dengan pita magnetic.
Pada pita magnetic inilah data tertentu dapat diletakan. Data yang ditempatkan
pada pita ini dapat berupa nomor induk pegawai, identitas bank atau nomor
rekening nasabah. Dengan menggunakan pembaca kartu magnetic, data pada pita
tersebut dapat dibaca dan dimengerti oleh computer. Contoh penguunaan nya pada
ATM. Pada mesin ATM inilah terdapat pembaca kartu magnetic.
12. Pembaca Kartu Cerdas
Smart
card alias kartu cerdas sebenarnya adalah sebuah computer berukuran kecil
karena dilengkapi dengan chip yang mengandung prosesor, RAM, dan ROM, dan
bahkan sistem operasi dengan tingkat keamanan tinggi. Kartu ini biasa dipakai
untuk menyimpan data pasien dan riwayat kesehatannya, data nasabah dan
transaksi yang pernah dilakukannya. Di Indonesia biasa dipakai untuk kartu
tabungan dan telpon prabayar. Untuk membaca data yang ada dikartu tersebut
perlu alat yang disebut pembaca kartu cerdas (smart card reader).
13. CD-ROM Drive dan DVD-ROM Drive
CD-ROM
Drive adalah alat yang menggunakan optic untuk membaca CD, VCD pada komputer.
Sedangkan DVD-ROM Drive adalah alat optic untuk membaca media DVD dan juga
dapat membaca media CD, VCD pada komputer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar