Jumat, 21 Desember 2012

Multimedia dan Virtual Reality

     MULTIMEDIA
1.1     Aplikasi Multimedia
      
1.1.1        Definisi Aplikasi Multimedia  

Multimedia merupakan perangkat yang biasanya digunakan untuk akses data gambar, suara (audio) dan video, permainan, pengolah foto digital, dan lainya. Contoh software ini misalnya MP3, MIDI, WAV, telenconference, video-drive, radio internet, berbagai macam permainan, dan lain sebagainya. Syarat komputer multimedia,  biasanya memiliki tambahan perangkat seperti: kartu suara (soun card), kartu grafik (graphich card), speaker, mikropon dan software (program aplikasi) yang mendukung untuk melakukan akses multimedia. Ada juga yang menyebutkan bahwa aplikasi multimedia adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti: teks,  dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi multimedia:

1.1.2    Beberapa Aplikasi Multimedia

A.      Teks Animasi
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Dalam mengelola atau membuat sebuah teks animasi untuk berbagai bentuk, dibutuhkan aplikasi-apalikasi khusus untuk teks ataupun aplikasi multimedia yang bersifat universal yang di dalamnya melingkupi pembuatan teks, video dll. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mengelola teks.

B.      Flash CS3
 Flash CS3 adalah suatu aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu
animasi dengan dilengkapi bahasa pemprograman. Adobe Flas CS3 memiliki bahasa
pemprograman yang dikenal dengan nama actionscrip yang muncul pertama kali pada flash 5. Aplikasi ini menghasilkan animasi berbasis vector dengan format file.swf dan dapat diputar didalam web.

C.      Corel Draw
Corel Draw adalah Software Grafis pengolah gambar berbasis Vector, Corel Draw banyak
digunakan oleh para Desainer untuk membuat berbagai macam desain, seperti desain Logo,
Kaos, Majalah, Poster, Ilustrasi, dan banyak lagi.

D.     Photoshop
Photoshop adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto, membuat teks 3D maupun teks lainnya, photoshop tersedia beberapa jenis antara lain photoshop CS3, photoshop CS7 dll.
GIF animasi adalah sebuah aplikasi pembuat animasi berupa teks
Xara 3D Maker 7 adalah Software Yang Berfungsi Untuk Membuat Sebuah Teks Animasi 3D.

1.1.3.      Dampak Aplikasi Multimedia
A.   Dampak positif:
1.              Komunikasi yang lebih baik
2.              Transportasi data lebih cepat dan aman
3.              Pekerjaan selesai lebih cepat dan akurat
4.              Efesiensi tenaga kerja
B.      Dampak negatif :
1.              Manusia tergantung dengan kompuer
2.              Kehilangan pekerjaan karena komputer lebih cepat dan teliti
3.             Hacker yang merusak data-data dalam komputer walaupun sudah di password


  
1.2       Kebutuhan Perangkat Keras

1.2.1        Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
a.    Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
b.    Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.
c.    Mikropon adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Secara ringkas komponen pendukung yang dipakai untuk menciptakan produk multimedia adalah :

1.2.2        Perangkat keras.
Komputer multimedia
a.        Sistem komputer
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
b.        Perangkat Capture
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
c.         Perangkat penyimpanan
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
d.        Jaringan komunikasi
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
e.        Perangkat penampil
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dl

1.3       Elemen-elemen multimedia

Sebuahsistem multimedia adalahsuatusistem yang mendukunglebihdarisatu media.Suatusistembisadisebutsebagaisistem multimedia:
a.    Kombinasi Media
Sistemdisebutsistem multimedia jikakeduajenis media (continuous/discrete) dipakai.Contoh media diskrit :teksdangambar, dan media kontinuadalahaudiodanvideo.
b.    Independence
Aspekutamadarijenis media yang berbedaadalahketerkaitanantar media tersebut.Sistemdisebutsistem multimedia jikatingkatketergantungan/keterkaitanantar media tersebutrendah.
c.    Computer-supported Integration
Sistem harus dapa tmelakukan pemrosesan yang dikontro loleh komputer. Sistem dapat deprogram oleh system programmer/ user.


elemen dari multimedia adalah:
a) Teks
b) Suara
c)  Gambar statis
d) Animasi
e) Video
f)   Grafik

1.3.1    Teks
Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris, perintah  ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.
Contoh teks :
Calibri-ukuran 12
Calibri-ukuran 20
Forte-ukuran 20

1.3.2    Suara atau Audio
Suara merupakan media untuk menyajikan informasi tertentu dalam bentuk gelombang bunyi, sehingga  lebih mudah diingat dan dipahami oleh pendengarnya.


1.3.3    Gambar Statis
Umumnya gambar disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy adalah  teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengangambar aslinya.
Format
Keterangan
BMP
Kepanjangannya adalah BitMap Graphics. Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows
Ekstesi :. Bmp
CDR
Format gambar yang dihasilkan oleh Corel Draw.
Ekstensi : .cdr
DXF
DXF(Drawing Exchange Format) adalah format gambar yang dihasilkan oleh program auto cad.
Ekstensi : .DXF
EPS
Kepanjangannya adalah Encapsulated Post Script. Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
Ekstensi : .eps
GIF
Kepanjangannya adalah Graphic Interchange Format.
Dikembangkan oleh Compouserve pada tahun 1987 dan hanya dapat menangani 256 warna
Ekstensi : .gif
HPG
Format dari Hewlett Packcard
Ekstensi ; .hpg
JPG
Kepanjangannya adalh Join    Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
Ekstensi : .jpg, .jpeg
PCX
Format yang digunakan oleh perangkat lunak PaintBrush
Ekstensi ;. Pcx
PNG
PNG (Portable Network Graphic) dirancang oleh W3C (World Wide Web Consorium) untuk menggantikan GIF dan JPEG.
Ekstensi ; .png
TGA
Format Targa (TGA)merupakan format berkas gambar yang dibuat oleh True Vision,Inc. Untuk mengimplementasikan true color
Ekstensi ; .tga
TIFF
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini biasa digunakan pada dektop publishing pada Windows.
Ekstensi: .tif
WMF
Kepanjangannya dari Windows MetaFile. Biasa dijumpai pada Windows.
Ekstensi : .wmf




1.3.4    Animasi
Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya kucingyang sedang melompat.



1.3.5    Video

Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang Gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan dengan “penglihatan dan pendengaran”.Aplikasi video pada multimedia mencakup banyak aplikasi
Entertainment: broadcast TV, VCR/DVD recording
Interpersonal: video telephony, video conferencing
Interactive: windows
Digital video adalah jenis sistem video recording yang bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya.Biasanya digital video direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan recorder. Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8.

Format
Keterangan
AVI
Kepanjangan adalah Audio/Video Interleaved.
Merupakan standar video pada lingkungan Windows.
Ekstentsi : .avi
MOV
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling bnyak digunakan Web.
MPEG
Kepanjangan adalah Motion Picture Expeerts Group. Merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD



 

1.5            Virtual Reality
1.5.1        Pengertian

Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, insinyur, pekerja medis, dan bahkan orang awam melakukan aktifitas-aktifitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh,pilot dapat menggunakan sistem virtu reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

1.5.2        Peranti Virtual Reality

       Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.
A.      Glove adalah peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.
B.      Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia nyata.
C.      Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan berlumpur.

1.5.3           Cara Kerja Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang

1.5.3    Aplikasi Virtual Reality
A.      Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
B.      Arsitektur Perancangan gedung
C.      Militer Pelatih  (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
D.     Kedokteran Pelatihan pembedahan, terapi fisik
E.      Penelitian / Pendidikan Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian matematika kompleks
F.       Hiburan Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman virtual, simulasi ski,dll


1.5.4    Efek Negaif Virtual Reality
A.      Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
B.      Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar