MULTIMEDIA
1.1 Aplikasi
Multimedia
1.1.1
Definisi
Aplikasi Multimedia
Multimedia merupakan perangkat yang biasanya digunakan
untuk akses data gambar, suara (audio) dan video, permainan, pengolah foto
digital, dan lainya. Contoh software ini misalnya MP3, MIDI, WAV,
telenconference, video-drive, radio internet, berbagai macam permainan, dan
lain sebagainya. Syarat komputer multimedia,
biasanya memiliki tambahan perangkat seperti: kartu suara (soun card),
kartu grafik (graphich card), speaker, mikropon dan software (program aplikasi)
yang mendukung untuk melakukan akses multimedia. Ada juga yang menyebutkan
bahwa aplikasi multimedia
adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti: teks, dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen yang digunakan dalam aplikasi
multimedia:
1.1.2 Beberapa Aplikasi Multimedia
A. Teks
Animasi
Seperti
yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa teks merupakan elemen multimedia yang
menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data
yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil.
Dalam mengelola atau membuat sebuah teks animasi untuk berbagai bentuk,
dibutuhkan aplikasi-apalikasi khusus untuk teks ataupun aplikasi multimedia
yang bersifat universal yang di dalamnya melingkupi pembuatan teks, video dll.
Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mengelola teks.
B. Flash
CS3
Flash
CS3 adalah suatu aplikasi berbayar yang dapat digunakan untuk menciptakan suatu
animasi dengan
dilengkapi bahasa pemprograman. Adobe Flas CS3 memiliki bahasa
pemprograman yang
dikenal dengan nama actionscrip yang muncul pertama kali pada flash 5. Aplikasi
ini menghasilkan animasi berbasis vector dengan format file.swf dan dapat
diputar didalam web.
C. Corel
Draw
Corel
Draw adalah Software Grafis pengolah gambar berbasis Vector, Corel Draw banyak
digunakan oleh
para Desainer untuk membuat berbagai macam desain, seperti desain Logo,
Kaos, Majalah,
Poster, Ilustrasi, dan banyak lagi.
D. Photoshop
Photoshop
adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto, membuat teks 3D maupun teks
lainnya, photoshop tersedia beberapa jenis antara lain photoshop CS3, photoshop
CS7 dll.
GIF animasi
adalah sebuah aplikasi pembuat animasi berupa teks
Xara 3D Maker 7
adalah Software Yang Berfungsi Untuk Membuat Sebuah Teks Animasi 3D.
1.1.3. Dampak Aplikasi
Multimedia
A. Dampak positif:
1.
Komunikasi yang lebih baik
2.
Transportasi data lebih
cepat dan aman
3.
Pekerjaan selesai lebih
cepat dan akurat
4.
Efesiensi tenaga kerja
B. Dampak negatif :
1.
Manusia tergantung dengan
kompuer
2.
Kehilangan pekerjaan
karena komputer lebih cepat dan teliti
3.
Hacker yang merusak
data-data dalam komputer walaupun sudah di password
1.2
Kebutuhan
Perangkat Keras
1.2.1
Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan
kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound
card) sepasang speaker, dan mikropon.
a. Kartu
suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
b. Speaker
adalah peranti untuk menyajikan suara.
c. Mikropon
adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer
sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Secara ringkas komponen pendukung yang dipakai untuk menciptakan produk
multimedia adalah :
1.2.2
Perangkat
keras.
Komputer multimedia
a.
Sistem
komputer
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
komputer PC desktop, komputer workstation, laptop, komputer hybrid, komputer tablet
b.
Perangkat
Capture
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
Kamera video, video recorder, microfon audio, keyboard, grafic tablet, perangkat 3d input, sensor sentuh, perangkat VR, perangkat digitalizing/sampling, pemindai
c.
Perangkat
penyimpanan
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
Harddisk, CD rom, DVD rom, Zip drive, SSD,dll
d.
Jaringan
komunikasi
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
Ethernet, token ring, FDDI, ATM, intranet, internet
e.
Perangkat
penampil
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dl
speaker, HDTV, SVGA, printer, plotter, dl
1.3 Elemen-elemen multimedia
Sebuahsistem
multimedia adalahsuatusistem yang mendukunglebihdarisatu
media.Suatusistembisadisebutsebagaisistem multimedia:
a.
Kombinasi Media
Sistemdisebutsistem
multimedia jikakeduajenis media (continuous/discrete) dipakai.Contoh media
diskrit :teksdangambar, dan media kontinuadalahaudiodanvideo.
b.
Independence
Aspekutamadarijenis
media yang berbedaadalahketerkaitanantar media tersebut.Sistemdisebutsistem
multimedia jikatingkatketergantungan/keterkaitanantar media tersebutrendah.
c.
Computer-supported Integration
Sistem harus dapa tmelakukan pemrosesan yang dikontro loleh komputer. Sistem dapat deprogram oleh system programmer/ user.
elemen dari multimedia adalah:
a) Teks
b) Suara
c) Gambar statis
d) Animasi
e) Video
f) Grafik
1.3.1 Teks
Teks merupakan
bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang
menggunakan model baris, perintah
ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun
ukuran.
Contoh teks :
Calibri-ukuran 12
Calibri-ukuran 20
Forte-ukuran 20
1.3.2 Suara atau Audio
Suara merupakan
media untuk menyajikan informasi tertentu dalam bentuk gelombang bunyi, sehingga lebih mudah diingat dan dipahami oleh pendengarnya.
1.3.3 Gambar Statis
Umumnya gambar
disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam
penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama
dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy
adalah teknik yang memampatkan data
sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar
dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik
pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi
yang sama dengangambar aslinya.
Format
|
Keterangan
|
BMP
|
Kepanjangannya adalah BitMap Graphics. Format yang
biasa digunakan pada DOS dan Windows
Ekstesi :. Bmp
|
CDR
|
Format gambar yang dihasilkan oleh Corel Draw.
Ekstensi : .cdr
|
DXF
|
DXF(Drawing Exchange Format) adalah format gambar yang
dihasilkan oleh program auto cad.
Ekstensi : .DXF
|
EPS
|
Kepanjangannya adalah Encapsulated Post Script. Format
yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
Ekstensi : .eps
|
GIF
|
Kepanjangannya adalah Graphic Interchange Format.
Dikembangkan oleh Compouserve pada tahun 1987 dan hanya
dapat menangani 256 warna
Ekstensi : .gif
|
HPG
|
Format dari Hewlett Packcard
Ekstensi ; .hpg
|
JPG
|
Kepanjangannya adalh Join Photographic Expert Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
Ekstensi : .jpg, .jpeg
|
PCX
|
Format yang digunakan oleh perangkat lunak PaintBrush
Ekstensi ;. Pcx
|
PNG
|
PNG (Portable Network Graphic) dirancang oleh W3C
(World Wide Web Consorium) untuk menggantikan GIF dan JPEG.
Ekstensi ; .png
|
TGA
|
Format Targa (TGA)merupakan format berkas gambar yang
dibuat oleh True Vision,Inc. Untuk mengimplementasikan true color
Ekstensi ; .tga
|
TIFF
|
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini biasa digunakan pada dektop publishing pada
Windows.
Ekstensi: .tif
|
WMF
|
Kepanjangannya dari Windows MetaFile. Biasa dijumpai
pada Windows.
Ekstensi : .wmf
|
1.3.4 Animasi
Animasi berarti
teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar
secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya kucingyang sedang melompat.
1.3.5 Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,
mentransmisikan dan menata ulang Gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau media digital. Berkaitan dengan “penglihatan dan pendengaran”.Aplikasi video pada
multimedia mencakup banyak aplikasi
Entertainment:
broadcast TV, VCR/DVD recording
Interpersonal:
video telephony, video conferencing
Interactive:
windows
Digital video adalah jenis sistem video recording yang
bekerja menggunakan sistem digital dibandingkan dengan analog dalam hal representasi videonya.Biasanya digital video
direkam dalam tape, kemudian didistribusikan melalui optical disc, misalnya VCD dan DVD. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan video digital adalah
camcorder, yang digunakan untuk merekam gambar-gambar video dan audio, sehingga sebuah camcorder akan terdiri dari camera dan recorder.
Macam-macam camcorder: miniDV, DVD camcorder, dan digital8.
Format
|
Keterangan
|
AVI
|
Kepanjangan adalah Audio/Video Interleaved.
Merupakan standar video pada lingkungan Windows.
Ekstentsi : .avi
|
MOV
|
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format
video yang paling bnyak digunakan Web.
|
MPEG
|
Kepanjangan adalah Motion Picture Expeerts Group.
Merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD
|
1.5
Virtual Reality
1.5.1
Pengertian
Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan
seseorang melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan
komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat
pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan
untuk perancang obat, arsitek, insinyur, pekerja medis, dan bahkan orang awam
melakukan aktifitas-aktifitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh,pilot
dapat menggunakan sistem virtu reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum
melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
1.5.2
Peranti
Virtual Reality
Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan walker.
A.
Glove adalah
peranti masukan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi
gerakan ke sistem virtual reality.
B.
Headset adalah
peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti
inilah yang memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga
seolah-olah pemakai melihat dunia nyata.
C.
Walker adalah
peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Peralatan ini dapat
digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban seperti kalau
melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa berat untuk
melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa atau medan
berlumpur.
1.5.3
Cara Kerja
Virtual Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya
adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya
berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau
speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realistis. Melalui headset, glove
dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh sistem dan sistem memberikan
reaksi yang
1.5.3 Aplikasi
Virtual Reality
A. Manufaktur
Pengujian rancangan, prototiipe semu, analisis ergonomik, simulasi semu
dalam perakitan, prosuksi dan pemeliharaan
B. Arsitektur Perancangan gedung
C. Militer Pelatih (pilot,astronot,pengemudi) simulasi peperangan
D. Kedokteran Pelatihan pembedahan, terapi fisik
E. Penelitian / Pendidikan Studi tentang topan, konfigurasi galaksi, pengujian
matematika kompleks
F. Hiburan Museum virtual, permainan balap, simulasi pertempuran udara, taman
virtual, simulasi ski,dll
1.5.4 Efek
Negaif Virtual Reality
A. Orang yang menggunakan virtual reality sering mengalami gangguan yang
disebut cybersickness (Haag, Cummings, dan Dawkin, 2000, hal. 294).
B. Penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing.
Kadang-kadang penderita terbawa pada suasana semu yang diciptakan oleh sistem
virtual reality walaupun ia telah kembali ke dunia nyata.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar